Senin, 12 Desember 2011

Misteri Makam Qin Shi Huangdi dan Patung Tentara Terakota

Makam Qin Shi Huangdi , adalah makam kaisar pertama Cina yang sarat dengan signifikansi historis. Makam ini dipandang sebagai lambang kekuasaan tak terbatas Kaisar Qin dan prestasinya. Makam ini terletak 30 km di luar X’ian di provinsi Shaanxi Cina. Qin Shi Huangdi adalah satu-satunya penguasa yang seorang diri yang menyatukan tujuh marga untuk berperang dari Cina 221 SM dan memerintahkan pembangunan besar-besaran beberapa prasarana publik serta Tembok Besar Cina yang legendaris.

Kaisar Qin Shi Huangdi meninggalkan catatan tertulis tentang prestasi militer dan diplomatiknya dalam serangkaian naskah kuno. Dia berhasil menghapuskan feodalisme, dipromosikannya agama dan dibaginya Cina ke 36 daerah untuk mengatur administrasi yang efisien. Di antara prestasi penting lainnya Kaisar Qin Shi Huangdi adalah standarisasi berbagai sistem penulisan, bobot dan ukuran, mata uang dan penyederhanaan dari metode pencatatan. Meskipun karya-karya progresif, Qin Shi Huang adalah despotik dan tiran dalam pemerintahannya.
Makam Kaisar Qin Shi Huangdi terdapat 8000 patung-patung yg terdiri dari patung terakota laki-laki dan kuda yg dikenal sebagai “Terra-cotta Army”, kini dianggap sebagai Keajaiban Dunia yang ke delapan. Menariknya, dalam 8000 patung-patung prajurit tersebut tidak ditemukan wajah yg sama dengan kata lain tiap-tiap patung memiliki wajah yg berbeda , konon katanya patung-patung prajurit dibangun untuk melindungi Kaisar Qin Shi Huangdi di alam baka.
 Para prajurit diposisikan sesuai dengan peringkat yang mereka pegang dalam waktu kontemporer. Bagian-bagian yang berbeda dari 8000 tentara didistribusikan di tiga ruang terpisah. Yang pertama dan ruang terbesar berisi pasukan petugas tugas aktif, ruang kedua adalah di mana cadangan ditempatkan sedangkan rumah-rumah kecil 68 kamar ketiga komandan elit dan pejabat. Semua prajurit menghadap ke timur untuk melindungi akhirat Qin Shi Huang dari serangan musuh yang mungkin datang dari arah itu.

Misteri dari makam ini terletak pada kenyataan bahwa terakota memiliki tiga ruang kompleks tentara hanya 1% dari luas total makam. Bagian sentral dari 90-kaki bangunan makam jauh di bawah tanah terdapat sebuah piramida masih belum tersentuh. Menurut keterangan sejarawan Cina dan beberapa legenda populer, bagian ini dipetakan sebagai sebuah kota, dengan dinding-dinding, istana dan kuburan dan ditujukan untuk penggunaan Qin Shi Huang di di akhirat.

1 komentar: